UnionBook: situs jaringan sosial baru untuk aktifis buruh

unionbookUntuk kalian yang sudah sangat familiar dengan beberapa situs jaringan sosial seperti MySpace, Bebo, Facebook, Friendster atau lainnya. Cobalah bergabung dengan UnionBook. UnionBook adalah situs bebas jaringan sosial yang didedikasikan bagi aktifis buruh dan untuk aktifis buruh. Union Book diluncurkan awal tahun ini dan disponsori oleh Labourstart.

Eric Lee, pendiri dan editor labourstart, mengatakan bahwa UnionBook tidak seperti situs bebas jaringan sosial lainnya. UnionBook dirancang khusus untuk melayani kepentingan pergerakkan serikat pekerja. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa, UnionBook bebas dari segala bentuk iklan, menghormati hak pribadi para pengguna anggotanya. Melalui UnionBook kita bisa bertemu dengan sesama aktifis buruh dari berbagai negara, memberikan komentar atas diskusi online, membuat blog, membuat group untuk mendapatkan dukungan, upload photo atau dokumen dan sebagainya.

John Wood juga mengatakan bahwa, mengapa UnionBook diluncurkan? karena banyak aktifis buruh menggunakan layanan situs bebas jaringan sosial yang ada sering memblokir dan menutup keanggotaan mereka tanpa pemberitahuaan.

UnionBook dirancang bukan untuk menyaingi situs-situs yang ada tetapi untuk menyediakan layanan yang lebih baik bagi para aktifis buruh tanpa adanya hambatan diblokir atau dihentikan.  UnionBook menyediakan ruangan yang bebas bagi para aktifis buruh dalam menyuarakan dan meyebarkan kerja mereka.

Saya sudah bergabung dengan UnionBook ini, dan menggunakan fasilitas aplikasi yang mereka sediakan. Dua aplikasi yang sering saya gunakan yaitu blog dan upload Files. Terutama blog, kita bisa ikut “numpang” untuk menuliskan pengalaman kerja kita dan apa yang telah kita lakukan bersama dengan organisasi serikat pekerja. Coba Anda tengok halaman ini: indahpsi

Beberapa teman yang telah bergabung mengatakan UnionBook agak sedikit rumit penggunaannya dibandingkan dengan facebook. Memang saya juga mengalami hal yang sama, tetapi ketika kita sudah mulai menggunakan aplikasi yang mereka sediakan dan mengenalnya, UnionBook akan dengan mudah kita gunakan.

Selamat bergabung. Anda akan banyak mendapatkan manfaat bersamanya, karena bisa menjadi organising tools bagi serikat pekerja kita.

One thought on “UnionBook: situs jaringan sosial baru untuk aktifis buruh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s