Buku panduan untuk serikat pekerja: bebas untuk diunduh

meSaya barusan selesai “membersihkan” file-file dalam hard-disk laptop saya dan memindahkannya (dibaca: disimpan) ke dalam external hard-disk, ternyata banyak tulisan dalam bentuk buku panduan yang pernah saya tulis.  Tulisan tersebut sering saya edarkan dalam kalangan terbatas dan menjadi buku panduan pelatihan/pendidikan serikat pekerja ketika saya masih sebagai Koordinator PSI di Indonesia. Dan juga sebenarnya pernah saya publikasi di website proyek yang pernah saya tanganin tetapi sepertinya website tersebut tidak bisa dibuka karena masa sewa server telah berakhir karena saya “lupa” memperbaruhinya.

Sungguh anda beruntung hehehe, karena saya sedang “bersih-bersih” file maka saya punya kesempatan melakukan revisi tulisan tersebut dan posting diblog ini.  Buku atau file dalam bentuk referensi tulisan adalah “harta” yang saya miliki, dan saya senang menyimpannya, karena suatu saat ketika saya butuhkan dapat membantu saya sebagai bahan bantuan untuk menulis.  Buku saya banyak, sayang saya belum punya rumah permanen sendiri jadi berserakkan dibeberapa tempat dan kebanyakan dirumah orang tua, itupun tidak dalam lemari tetapi masih didalam kardus.  Saya suka hal yang berbau elektronik tetapi saya masih tetap percaya memiliki buku cetak, berharap suatu saat (semoga dalam waktu dekat ini) akan memiliki tempat tinggal tetap sehingga memungkinkan memiliki perpustakaan pribadi. Membayangkan saja sepertinya sudah hebat sekali apalagi nanti kalau benar-benar memilikinya. Pasti, saya akan undang kalian untuk datang dan ikut menikmati kekayaan intelektual ini.

Tidak berpanjang lebar, silahkan dengan bebas menggunakan atau menggunduh buku panduan yang telah saya siapkan. Tetapi jangan lupa untuk menyantumkan sumber ketika akan menggunakan buku tersebut.

  1. Tentang Serikat Pekerja: buku ini akan membantu anda untuk memahami dan mengenal lebih dalam tentang serikat pekerja
  2. Hak-Hak Fundamental Pekerja: buku mengulas tentang konvensi inti dari ILO
  3. Administrasi dan Keuangan Serikat Pekerja: buku ini akan membantu kalian untuk mengetahui administrasi dan keuangan serikat pekerja
  4. Collective Bargaining: ada dua buku yang saya siapkan tentang perjanjian kerja bersama ini – Perjanjian Kerja Bersama dan Modul PKB

Kalau referensi dibawah ini adalah panduan khusus yang dipersiapkan untuk pelatihan kesetaraan jender dan pekerja perempuan.  Dalam buku tersebut ada bahasan khusus tentang pekerja disektor transportasi, karena ketika itu saya diundang menjadi narasumber oleh International Transport Federation (ITF) ketika membuat pelatihan bagi para anggotanya di Indonesia (tahun 2005, 2006 dan 2008).

  1. Hak-Hak Pekerja Perempuan
  2. Jender dan Kepemimpinan
  3. Perlindungan Maternitas
  4. Stop Diskriminasi
  5. Stop Pelecehan Seksual dan Kekerasan di Tempat Kerja

25 thoughts on “Buku panduan untuk serikat pekerja: bebas untuk diunduh

    • Downloadnya gampang…klik saja di judul dari setiap buku, nyimpannya aku pakai 4shared. Kalau ngak bisa kirim alamat emailmu? Kalau boleh tahu dirimu dari SP/SB apa?

  1. Mbak, boleh tahu adakah buku yang khusus membahas mengenai union busting.? Judul tsb. sy butuhkan utk penyusunan skripsi sy yang mengambil tema ttg union busting versi bhs indonesia. Tolong ya mbak, jika mbak tahu beri info pada sy di mana saya bisa dapatkan krn sy sudah coba ke bbrp toko dan lembaga-lembaga (NGo dan Departemen) masih sedikit sekali membahas tema tsb. ,bahkan yang khusus membahas panjang-lebar mengenai union busting tdk ada. Jk mbak punya tulisannya mhn perkenan kirim ke email saya.

    terima kasih

    salam rakyat pekerja

  2. mba In mau minta pencerahan nich istilah mogok legal akibat gagalnya perundingan yang bagaimana yach, dalam tata tertib pembuatan PKB tidak bisa dimasukan, yang menjadi concennya apakah 30 hari pertama atau 30 hari berikutnya atau setelah ada putusan yang tetap ( PHI ), kalau tidak salah di webnya MA hanya beberapa % saja putusan yang berpihak kepada SP selebihnya PHK ,alasan mangkir kerja, disharmoni, alasan mendesak melanggar Tata tertib disiplin kerjalah…, jadinya herann…. satu sisi dibilang hak dasar tapi selalu dianggap melanggar ,dimana letak kesalahannya …..

    • Sama-sama, lama sudah ngak nulis….nanti kalau ada waktu cukup akan diperbaiki dan dikembangkan lagi. selamat menikmati dan dibagikan dengan bebas

  3. salam mbak indah
    Thnks before, bagus banget materinya mbak
    saya dari SP PT NNT, boleh nggak sya minta alamat e-mailnya untuk bisa koresponden yang kaitannya dengan Union Problem

    M. Aminullah
    Ketua Devisi Kesra SPSI PT NNT
    aminullah@nnt.co.id

  4. Riawanto, baca update tulisan disini ya:
    baca materi baru diblog ini:
    (1) tentang prinsip mogok: https://unionism.wordpress.com/2012/06/18/prinsip-dasar-tentang-hak-mogok/
    (2) serikat pekerja – internet dan media sosial: https://unionism.wordpress.com/2012/06/05/serikat-pekerjaserikat-buruh-menggunakan-internet-situs-web-dan-jaringan-media-sosial/
    (3) Melaporkan pelanggaran hak pekerja/buruh ke ILO – https://unionism.wordpress.com/2012/05/03/melaporkan-pelanggaran-hak-pekerjaburuh-ke-ilo/
    (4) Perjanjian Kerja Bersama Untuk Kesejahteraan Buruh – https://unionism.wordpress.com/2012/02/09/perjanjian-kerja-bersama-untuk-kesejahteraan-buruh/

  5. salam kenal mba..dan terima kasih atas share kekayaan intelektualnya..sangat membantu..oya mba sya prnah liat n baca tulisan anda tp tidak mncntumkn nama anda mlhn d stu seolah olah org tsb yg mnulis..

    • Terima kasih mau berkunjung dan mengunduh materi

      Materi memang bebas diunduh mengingat ilmu harus selalu dibagikan dengan mudah dan bebas, kalau ada yg mencuplik tanpa memcantumkan nama, biarkan saja …

  6. Salam kenal mbak Indah,
    Saya Renata Sandhi dan saya terlibat dalam pengorganisiran buruh perkebunan kelapa sawit, apakah bisa minta kontak mbak indah? mungkin jika ada kesempatan, bisa mengundang mbak Indah untuk diskusi bersama kami.

    Saya juga tertarik untuk mendaftar ke Global Labor University mungkin mbak Indah bersedia saya tanya2 tentang universitas tersebut?

    Terima kasih ya mbak bukunya kami sedang mengumpulkan bahan pendidikan untuk buruh perkebunan kelapa sawit. Perusahaan perkebunan kelapa sawit saat ini masih anti dengan kehadiran serikat buruh, jadi pendidikan merupakan media kami untuk mendorong buruh agar mau berserikat. Itu dulu perkenalan dari saya, in solidarity. Sandhi

    • Terima kasih pesannya. Kontak saja saya melalui email: indah.budiarti@gmail.com

      Mengenai keinginan untuk ikut serta dalam program Global Labour University silahkan buka di link ini: http://www.global-labour-university.org/ – sekarang ada 5 universitas yang memiliki program ini yaitu di Jerman, India, Afrika Selatan, Brazil dan Amerika. Silahkan telusuri masing-masing universitas dan cari kapan mulai pendaftarannya dan ketentuan apa yang harus dipersiapkan.

Leave a Reply

