Laporan Penelitian Isu-Isu Perempuan dan Jender di Organisasi Serikat Pekerja/Buruh di Indonesia

Laporan penelitian dari Organisasi Perburuhan International (ILO) Kantor Jakarta tahun 2006. Dikatakan oleh Pak Alan Boulton, Direktur Kantor ILO Jakarta, bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan pengarusutamaan jender telah diterapkan di serikat buruh di Indonesia dan ada tidaknya perubahan struktural di dalam organisasi-organisasi perempuan. Disamping itu juga laporan tersebut juga menyampaikan ringkasan informasi yang ditemukan dan literatur-literatur serta temuan-temuan tentang kepemimpinan laki-laki dan perempuan di pelbagai tingkat dalam pergerakan serikat buruh di Indonesia.

Laporan ini juga menyajikan informasi statistik umum dan penemuan-penemuan penelitian mengenai partisipasi angkatan kerja perempuan di sektor ekonomi, kondisi kerja perempuan,kerangka kerja hukum nasional untuk pekerja perempuan dan untuk serikat buruh, dan faktor-faktor politik dan ekonomi yang mempengaruhi serikat buruh di Indonesia. Informasi dan situasi yang terjadi di serikat buruh didapatkan melalui wawancara dengan para responden.

Bagian akhir menyajikan rekomendasi berdasarkan hasil dari temuan-temuan dan juga usulan dari beberapa responden.

Seingat saya penelitian ini dilakukan oleh Mbak Annemarie Reerink dari Kantor ILO Jakarta, terakhir jabatan dia adalah ILO-IPEC Chief Technical Adviser.

Silahkan unduh laporan tersebut disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s